Jumat, 14 Maret 2014

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN FORMAT IMAGE, MULTIMEDIA, DAN KOMPRES

KELEBIHAN DAN KELEMAHAN FORMAT IMAGE, MULTIMEDIA, DAN KOMPRES

1.      Kelebihan Dan Kelemahan Format Image
              
  •     EPS (Encapsuled Postcript)
Format file ini merupakan format yang sering digunakan untuk keperluan pertukaran dokumen antar program grafis. Selain itu, format file ini sering pula digunakan ketika ingin mencetak gambar. Keunggulan format file ini adalah menggunakan bahasa postscript sehingga format file ini dikenali oleh hampir semua program persiapan cetak. Kelemahan format file ini adalah tidak mampu menyimpan alpha channel, sehingga banyak pengguna Adobe Photoshop menggunakan format file ini ketika gambar yang dikerjakan sudah final.  Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, Lab, Duotone, Grayscale, Indexed Color, serta Bitmap. Selain itu format file ini juga mampu menyimpan clipping path. 

  •    TIFF(Tagged Image File Format)
Hanya terdapat di beberapa tipe kamera prosumer serta D-SLR versi lama yang menyimpan data gambar dalam format ini. TIFF (Tagged Image File Format) mempunyai ukuran file yang sangat besar dan mempunyai gradasi warna lebih banyak karena merupakan standart warna tanpa kompresi. Nilai garadasi warna TIFF adalah 12 bit/chanel atau sekitar 1024-4096 warna. Sebagaimana JPEG, TIFF juga langsung bisa dikenali oleh software photo editing karena sifatnya yang universal. Pada dasarnya, dalam proses data gambar digital, semua file TIFF adalah hasil proses dari file RAW. Kemungkinan TIFF tersebut diproses prosesor kamera atau melalui post-processing RAW di komputer.

Sebuah file TIFF dalam tahapan konversi pada umumnya belum mengalami kompresi yang dapat menyebabkan hilangnya sebagian data di dalamnya. Setiap pixel pada file TIFF dibentuk dari perhitungan nilai dari 4 pixel pada data RAW nya (1 modul pada data RAW). Inilah yang menyebabkan jumlah pixel pada sebuah file RAW lebih banyak daripada jumlah pixel pada TIFF yang dihasilkannya. Ini juga yang menyebabkan setiap pixel pada file TIFF dapat menyimpan 3 nilai, masing-masing untuk warna Merah, Hijau, dan Biru.

         File TIFF dapat disimpan dalam format kedalaman 16 bit (selain juga bisa 8 bit) dan hampir semua software grafis dapat membacanya. Bahkan format ini dapat menyimpan data gambar yang terdiri dari lebih dari satu layer, contohnya penggunaan alpha channel. Oleh karena itu, ini adalah format yang sangat jamak dipakai dalam dunia printing.Keunggulan format TIFF adalah mampu menyeimbangkan antar kualitas gambar dan ukuran file dan dapat diterima oleh berbagai aplikasi grafis. Oleh karena itu, format ini jamak dipakai dalam transfer data gambar yang masih menuntut kualitas data gambar yang prima seperti stockphoto, gambar hasil desain grafis, atau untuk keperluan printing.
Kekurangan format TIFF tentunya adalah ukuran filenya yang masih terlalu besar untuk sekedar keperluan sharing dan preview gambar. Oleh karena itulah diciptakan format JPEG.

  •          PCX(Personal Computer eXchange)
Format ini merupakan format yang fleksibel karena hamper semua program dalam PC mampu membaca gambar dengan format file ini yang dikembangkan oleh perusahaan Zoft Coorperation.
Kelebihan :
- Mampu menyimpan informasi bit depth sebesar 1 hingga 24 bit
- Mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, Grayscale, Bitmap dan Indexed Color
Kekurangan :
- Tidak mampu menyimpan alpha channel

  • PDF (Portable Document Format) 
 
           Format file ini digunakan oleh Adobe Acrobat, dan dapat digunakan oleh grafik berbasis pixel maupun vektor. Kelebihan Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, Indexed Color, Lab Color,Grayscale dan Bitmap. Kelemahan Format file ini tidak mampu menyimpan alpha channel. Format file ini sering menggunakan kompresi JPG dan ZIP, kecuali untuk mode warna Bitmap yaitu menggunakan CCIT

  •     PIC (Pict)
Format file ini merupakan standar dalam aplikasi grafis dalam Macintosh dan program pengolah teks dengan kualitas menengah untuk transfer dokumen antar aplikasi. Kelebihan Format file ini mampumenyimpan gambar dengan mode warna RGB dengan 1 alpha channel serta Indexed Color,Grayscale dan Bitmap tanpa alpha channel.  Kelemahan Format file ini hanya menyediakan pilihan bit antara16 dan 32 bit dalam mode warna RGB.

  •      TGA (Targa)
Format file ini didesain untuk platform yang menggunakan Targa True Vision Video Board. Kelemahan Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dalam 32 bit serta 1 alpha channel, juga Grayscale, Indexed Color, dan RGB dalam 16 atau 24 bit tanpa alpha channel. kelebihan Format file ini berguna untuk menyimpan dokumen dari hasil render dari program animasi dengan hasil output berupa sequence seperti 3D Studio Max.

  •    IFF (Tagged Interchange File Format)
Merupakan format file terkompresi yang biasa digunakan di paket desktoppublishing dan merupakan format file bagi perusahaan percetakan. File ini diindikasikan dengan ekstensi. Kelebihan IFF ini adalah Kekuatan dari format file TIFF  lebih fleksibel dari format gambar bitmap yang didukung secara ritual oleh seluruhpoint, image editing dan aplikasi kedalaman layout. Kelemahan format ini tidak mampu menyimpan alpha channel.

  •     SCT (Scitex Continous Tone)

Format file ini digunakan untuk menyimpan dokumen dengan kualitas tinggi pada computer Scitex. Kelebihan  format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale. kelemahan format ini tidak mampu menyimpan alpha channel. PXR (Pixar) Format file ini khusus untuk pertukaran dokumen dengan Pixar Image Computer. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dan Grayscale dengan 1 alpha channel. 5

  •      DCS (Dekstop Color Separation)

Format file ini dikembangkan oleh Quark dan merupakan format standar untuk .eps. Format ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna Multichannel dan CMYK dengan 1 alpha channel dan banyak spot channel. Format file ini mampu menyimpan clipping path dan sering digunakan untuk proses percetakan (publishing). Ketika menyimpan file dalam format ini maka yang akan tersimpan adalah 4 channel dari gambar tersebut dan 1 channel preview.

  •         PXR (Pixar)

Format file ini khusus untuk pertukaran dokumen dengan Pixar Image Computer. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dan Grayscale dengan 1 alpha channel.

  •       RAW (Photoshop Raw)
                                                         
Format file ini merupakan format file yang fleksibel untuk pertukaran dokumen antar aplikasi dan platform. Format file ini mampu menyimpan mode warna RGB, CMYK, dan Grayscale dengan 1 alpha channel serta mode warna Multichannel, Lab Color dan Duotone tanpa alpha channel. DCS (Dekstop Color Separation) Format file ini dikembangkan oleh Quark dan merupakan format standar untuk .eps.

Kelebihan format ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna Multichannel dan CMYK dengan 1 alpha channel dan banyak spot channel. Format file ini mampu menyimpan clipping path dan sering digunakan untuk proses percetakan (publishing). Ketika menyimpan file dalam format ini maka yang akan tersimpan adalah 4 channel dari gambar tersebut dan 1 channel preview5. Kelemahan ukuran file lumayan besar, pada memori 8GB dengan 12MP foto hanya memuat sekitar 400 foto RAW dan tidak langsung dapat dibaca oleh pengolah foto karena memerlukan plugin khusus untuk tiap jenis kamera.

2.      Kelebihan Dan Kelemahan Format Multimedia

  •     MPEG (Motion Picture Expert Group)

MPEG merupakan format kompresi audio yang dikembangkan oleh Moving Picture Experts Group (MPEG). Format file ini menggunakan Layer 3 kompresi audio yang secara umum digunakan untuk menyimpan file – file music dan audiobooks dalam hard drive. Format file mp3 mampu memberikan kualitas suara yang mendekati kualitas CD stereo dengan 16-bit.
Kualitas suara file MP3 tergantung pada sebagian besar bit rate yang digunakan untuk kompresi. Bit rate yang digunakan biasanya berkisar 128, 160, 192, dan 256 kbps. Semakin besar bit rate, semakin bagus kualitasnya, namun hal tersebut berpengaruh pada kebutuhan ruang dalam disk yang semakin besar, atau dengan kata lain berpengaruh pada ukuran file yang semakin besar.
Sebagai file kompresi, MP3 menggunakan teknik lossy compression sehingga ada kemungkinan kualitas file berkurang ketika dikonversi kedalam MP3. Dalam prakteknya, berkurangnya kualitas file tidak tampak secara nyata, namun hasil pengurangan.
Ekstensi : .mp3
Kelebihan :
Mendekati kualitas CD stereo dengan 16-bit
Kekurangan :
Sudah terkompresi, kualitas file sudah berkurang
Bit rate terbatas
                                            
  •    MP3 (Moving Picture Experts Group Layer-3 Audio)

Format ini yang paling sering kita dengar dan pakai untuk format music, bahkan telah banyak player yang mendukung format ini yang sering disebut "MP3 Player". MP3 adalah format MPEG (Moving Picture Experts Group) Audio layer 3 atau hanya mengambil layer Audionya saja. Format ini sangat populer karena hasil dari kompresi file Audionya sangat memadai dan noise yang dihasilkan sedikit (tidak mengganggu) MP3 (MPEG, Audio Layer 3) menjadi format paling populer dalam musik digital.
Hal ini dikarenakan ukuran filenya yang kecil dengan kualitas yang tidak kalah dengan CD audio. Format ini dikembangkan dan dipatenkan oleh Fraunhofer Institute. Dengan bitrate 128 kbps, file MP3 sudah berkualitas baik. Namun MP3 Pro-format penerus MP3-menawarkan kualitas yang sama dengan bitrate setengah dari MP3. MP3 Pro kompatibel dengan MP3. Pemutar MP3 dapat memainkan file MP3 Pro-namun kualitas suaranya tidak sebagus peranti yang mendukung MP3 Pro.
 
  •      JPEG (Joint Photographic Expert Group)

            JPEG adalah metode standar yang digunakan dalam pengkompresian untuk photograpics images. JPEG singkatan dari Join Photographics Expert Group sebuah kelompok yang membikin standar pengkompresian tersebut. JPEG di buat untuk loosy compression images. Umumnya file file yang berformat JPEG mengunakan extensi .jpeg, .jpg, .jpe, .jfif, jif. Selain itu JPEG juga mampu memberikan warna dengan kedalaman 24 Bits atau setara dengan 16 juta warna. JPEG tidak ditujukan dalam urusan file audionya. Format file ini juga mampu menyimpan alpha channel, namun karena orientasinya ke publikasi elektronik maka format ini berukuran relatif lebih kecil dibandingkan dengan format file lainnya. Hal itu  menjadi salah satu dari kelemahan JPEG ini.
            Kelebihan dari format JPEG (baca jey-peg) adalah:
• dukungan warna yang lebih dari 16 juta atau 24 bit, sehingga hasil yang maksimal dari sebuah gambar dapat diperoleh
• fitur kompresi kualitas gambar yang ditawarkan membuat saya dapat memilih besar kecilnya file gambar yang akan dihasilkan nantinya dan
• tersedianya fitur Progressive JPEG, yang mirip seperti interlacing pada GIF.

3.      Kelebihan Dan Kelemahan Format Kompres

  •         ZIP (Zipped files
Format ZIP adalah yang paling populer. Sebagai contoh, kebanyakan arsip di Internet adalah arsip berformat ZIP. Jika Anda akan mengirimkan suatu arsip RAR ke seseorang, mungkin saja teman Anda tidak mempunyai WinRAR untuk mengekstrak muatan yang ada dalam arsip RAR, hal ini bisa saja membuat Anda untuk memilih format ZIP. Pada sisi lain, Anda dapat mengirimkan suatu arsip yang berjenis self-extracting (dapat mengekstrak dirinya sendiri). Arsip self-extracting memiliki sedikit ukuran yang lebih besar, tetapi dapat mengekstrak dirinya tanpa bantuan program apa pun. Keuntungan ZIP yang lain adalah kecepatan. Proses penciptaan arsip ZIP lebih cepat dari arsip RAR. 

  •        RAR (Roshal Archive)

            RAR adalah aplikasi yang sangat popular  untuk pengarsipan file. Bukan hanya menangani jenis kompresi .rar saja, namun aplikasi ini mampu menangani hampir semua tipe format kompresi file. WinRAR mempunyai tampilan halaman utama yang sangat sederhana, namun justru hal inilah yang disukai penggunanya, disamping dapat digunakan oleh pemula sekalipun, aplikasi ini sangat ringan karena tidak memakan banyak memori.
Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki aplikasi RAR :
  1. Kompresi 8-15% lebih baik dari aplikasi kompresi lainnya.
  2. Mendukung nama file panjang.
  3. programmable self-extracting archives (SFX).
  4. Perbaikan file yang rusak.
  5. Dapat mengidentifikasi keaslian file.
  6. Dukungan enkripsi AES (Advanced Encryption Standard) dengan kunci 128 bit.
  7. Metode password file untuk keamanan data.
  8. Mendukung file dan arsip hingga 8.589 miliar gigabytes.
Kelemahan yang dimiliki oleh aplikasi RAR:
Ukuran file hasil kompresan berformat RAR lebih kecil dibandingkan dengan format ZIP.

  •       GZIP
 
Suatu halaman web akan di-render dimana yang dimuat pertama kali adalah file HTML-nya, kemudian CSS-nya dan yang terakhir file Javascript (JS) –best practice-nya, file CSS di bagian header sedangkan file JS di bagian footer. Apabila halaman tersebut merupakan halaman interaktif dimana file HTML, CSS, dan JS ukurannya akan semakin membesar, maka suatu halaman akan semakin lama dimuat. Oleh karena itu, kompresi static content seperti plain-text (seperti HTML, CSS, JS) sangat dibutuhkan. Hal ini diperuntukkan untuk mengurangi waktu loading halaman web. Kompresi terbaik yang digunakan melalui sisi server adalah GZIP
Kelemahan GZIP ini Beberapa kali saya mencoba banyak konfigurasi .htaccess untuk kompresi GZip di web saya, dari berbagai web lain. Namun, sepertinya kompresi Apache GZip (mod_gzip) tidak didukung oleh server Apache bagaimanapun juga sepertinya gagal. Content-encoding dari file-file plain-text tidak seperti yang diinginkan (“gzip” atau “deflate”). 

  •       7ZIP

7Zip ini merupakan perangkat lunak yang mampu mengkompres file hingga 50% dari file aslinya, Secara default, file kompres yang dihasilkan oleh aplikasi ini berekstensi 7z, tetapi meskipun begitu anda bisa menggunakannya untuk membaca dan membuat file dengan ekstensi seperti ZIP. Selain itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengekstrak file ISO yang merupakan file standard dari file burning. Anda bisa membaca isi file ISO tanpa harus melakukan burning terlebih dahulu ke kepingan CD atau DVD.
Ada beberapa file lain yang bisa dibaca dan di ekstrak oleh 7Zip yaitu APM, ARJ, CAB, RAR, MSLZ, EXE, SWF, FLV, SquashFS, CramFS, NTFS, FAT, VHD, MBR, Z, LHA, cpio, smzip, JAR, ISO CD/DVD images, DMG, HFS, rpm and Debian archives dan beberapa tipe kompres file yang lain.
Adapun Keunggulan lain dari aplikasi ini yaitu kemampuannya menangani berbagai file kompresi dan dalam beberapa kasus bahkan lebih tinggi tingkat kompresinya dibandingkan PKZip dan WinZIP.
  1. 7-Zip sudah mendukung format 7z, ZIP, CAB, RAR, ARJ, GZIP, bzip2, TAR, cpio, RPM dan DEB, sehingga dapat digunakan untuk hampir semua file arsip yang ada saat ini.
  2. 7-Zip menawarkan antarmuka file explorer dasar dan juga terintegrasi ke dalam menu klik kanan Windows. Hal ini untuk mempermudah dalam mengoperasikan aplikasi tersebut.
  3. 7-Zip bekerja pada Windows 98/ME/NT/2000/XP/Vista bahkan Linux atau Unix.
  4. Tinggi rasio kompresi sangat baik dan stabil karena menggunakan format 7z yang baru dengan kompresi LZMA.
  5. Di dukung  hampir 70 bahasa.
  6. Maksimal file yang bisa di kompress 16jt Tb.
    Hampir tidak ada kekurangan yang bisa ditemukan dari program 7Zip karena mampu membaca sebagian besar file kompress yang dihasilkan oleh software yang lain. Satu hal yang kurang (dan bisa ditemukan pada software yang lain). 7Zip tidak bisa digunakan untuk membuat file yang menjadi default dari program lain (Sebagai contoh, 7Zip tidak bisa digunakan untuk membuat file RAR seperti yang dihasilkan oleh WinRar, dan itu juga berlaku sebaliknya).

Bersumber:
diakses pada tanggal 13 maret 2014 jam 14:22 PM
diakses pada tanggal 13 maret 2014 jam 14:26 PM
diakses pada tanggal 13 maret 2014 jam 14:28 PM
diakses pada tanggal 13 maret 2014 jam 14:30 PM
diakses pada tanggal 13 maret 2014 jam 14:34 PM
diakses pada tanggal 13 maret 2014 jam 14:38 PM
diakses pada tanggal 13 maret 2014 jam 14:40 PM
diakses pada tanggal 13 maret 2014 jam 14:43 PM
diakses pada tanggal 13 maret 2014 jam 14:48 PM
diakses pada tanggal 13 maret 2014 jam 14:55 PM
diakses pada tanggal 13 maret 2014 jam 14:58 PM
diakses pada tanggal 13 maret 2014 jam 15:05 PM
diakses pada tanggal 13 maret 2014 jam 15:10 PM
diakses pada tanggal 13 maret 2014 jam 15:15 PM
diakses pada tanggal 13 maret 2014 jam 15:20 PM
                                    


































                             






2 komentar:

  1. Play the Best Online Slots in Real Money at Del Mar
    Play Slot Games at Del Mar. Online Casino. We offer a wide range 메리트카지노 of free slots and video poker games kadangpintar that are febcasino available for free, and you can play for real money on your

    BalasHapus
  2. Lucky Club Casino Site | Online Casino No Deposit Bonus
    Welcome to Lucky Club Casino! It's the most comprehensive online luckyclub casino site available to you. Find out about exclusive bonuses, promotions, and the best

    BalasHapus